Jumat, 01 Oktober 2010

lumpur lapindo

beberapa ilmuwan dari Rusia mengungkapkan fakta serta data yang menyatakan bahwa lumpur di Lapindo, Sidoarjo adalah karena alam. salah satu yang memicu adalah gempa bumi di Yogyakarta 2 hari sebelum lumpur tersebut keluar ke permukaan.

saya bukan ahlinya, jadi saya percaya saja bahwa hal tersebut adalah suatu kebenaran yang sah secara ilmu pengetahuan. bila seperti itu, artinya, yang bertanggung jawab adalah alam. kalau yang bertanggung jawab adalah alam, bagaimana ya minta pertanggungjawaban dari alam? sedangkan sebagian rakyat yang rumah, lahan, pabrik sudah terendam masih dalam kondisi menderita.

perusahaan yang selama ini dianggap bertanggung jawab dapat lebih mudah untuk melepaskan diri dari tanggung jawab tersebut karena sudah di dukung oleh laporan para ilmuwan dari Rusia tersebut.

baiklah, saya percaya dan tidak akan mengganggu hasil temuan tersebut. yang menjadi pemikiran saya adalah mengapa hal tersebut menimpa/dialami oleh perusahaan besar itu? menurut saya, karena perusahaan itu serakah. kalau tidak serakah, masa iya alam marah dan pas kena ke perusahaan tersebut? kenapa tidak perusahaan yang lain? bila memandang hal tersebut dari sudut pandang tertentu, maka bukanlah sesuatu yang tidak mungkin ada sebab yang ditanamkan oleh perusahaan sehingga menghasilkan lumpur lapindo. lumpur lapindo adalah jawaban dari alam terhadap keserakahan perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar