Selasa, 17 Agustus 2010

Kemerdekaan

Merdeka atau mati, itulah semboyan 65 tahun yang lalu. Semboyan di saat para pejuang berupaya memperoleh kemerdekaan Republik Tercinta ini. Enam puluh lima tahun telah berlalu, perjuangan sudah berubah, bukan lagi antara kemerdekaan atau kematian.

perjuangan dari bambu runcing sudah menjadi perjuangan dalam bentuk buah-buah pemikiran yang dituangkan pada lembaran-lembaran kertas hasil buah pikir anak bangsa.
buah pikir yang nantinya akan membawa Bangsa Indonesia kepada kejayaan. Kejayaan karena kemampuan masyarakatnya yang hidup di alam kemerdekaan.

Merdeka bukan berarti berhenti. Merdeka berarti melakukan sesuatu yang lebih untuk kesejahteraan masyarakat. sesuatu yang lebih berharga daripada sekedar melakukan tindakan-tindakan yang bersifat anarkis dengan alasan apapun juga.

Hari ini, 17 Agustus 2010, Bangsa Indonesia merayakan ulang tahunnya yang telah melewati setengah abad, enam puluh lima tahun tepatnya. selama enam puluh lima tahun ini, banyak hal yang sudah dihasilkan bangsa ini. Hasil, karya dan berbagai hal yang mengukir sejarah umat manusia telah berhasil ditorehkan ke dalam buku sejarah.

hanya sayang, hal-hal positif tersebut, ditenggelamkan dengan pandangan-pandangan negatif dan buruk sangka tentang bangsa tercinta. masih banyak diantara kita yang merasa bahwa bangsa-bangsa tertentu lebih baik daripada bangsa Indonesia. suatu pemikiran yang tidak salah tetapi juga tidak terlalu tepat. bagaimana bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat dan besar apabila rakyatnya tidak memiliki rasa cinta tanah air??

cinta tanah air bukanlah sekedar slogan atau buah bibir semata. cinta tanah air adalah bagaimana kita sebagai warga negara melakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan untuk kebahagiaan orang lain yang ada di negeri ini tanpa membeda-bedakan. tidak membeda-bedakan berasal dari agama apa, suku apa, ras apa dan yang lainnya. bagaimana kita membuat orang lain bahagia adalah bagian dari hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan.

lalu bagaimana caranya kita membuat orang lain bahagia apabila diri kita sendiri tidak bahagia? Tahu diri. belajarlah untuk memahami diri kita sendiri. Apa kelebihan maupun kekurangan diri kita, keluarga kita, lingkungan kita. dengan menyadari diri kita sendiri, perlahan namun pasti, kita dapat membuat orang lain bahagia. karena tanpa disadari, kita pun menyadari apa yang membuat kita bahagia dengan kelebihan dan kekurangan kita. Akhirnya, kita pun dapat membuat orang lain berbahagia.

Selamat ulang tahun Republik Indonesia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar